Sabtu, 27 Maret 2010

Lokasi Bersejarah Malau Raja di Samosir Berpotensi Jadi Objek Wisata Budaya

Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Maret 28th, 2010
Medan (SIB)
Menjelang Pesta Syukuran Malau Raja Boru Bere Ibebere se-Indonesia, Jumat-Sabtu (2-3/4) di Simanindo, punguan Malau Raja dari berbagai daerah di Indonesia telah memastikan kehadirannya meramaikan pesta yang baru pertama kali digelar. Utusan Malau Raja tersebut datang dari Kalimantan, Jakarta/P Jawa dan kabupaten/kota se-Sumut.
“Dipastikan ribuan keturunan Malau Raja Boru Bere Ibebere akan menghadiri pesta syukuran di Simanindo. Kita melihat adanya semangat yang luar biasa dari generasi keturunan Malau Raja untuk mengikuti acara ini,” kata Penasehat Malau Raja se-Indonesia Drs ND Malau kepada wartawan usai memimpin rapat panitia di HDTI Medan, Kamis (25/3) didampingi Ketua Panitia Syukuran Ama ni Pedo Malau dan Ketua Generasi Muda Malau Raja Hotben Malau, Anthon Malau SH dan pengurus lainnya.
Keturunan Malau Raja tersebut khususnya dari kabupaten-kota se Sumut akan datang secara rombongan dengan bus dan mobil pribadi. Mereka juga membawa “buah tangan” dari daerahnya masing-masing untuk dibagikan di acara pesta.
Para perantau ini juga berdatangan dengan membawa anggota keluarga untuk sekaligus berwisata dan mengenal lebih dalam lagi budaya leluhurnya. Rangkaian acara pesta akan diawali kebaktian, manortor, makan bersama dan mengunjungi lokasi bersejarah dari leluhur Malau Raja.
“Pesta Syukuran Malau Raja ini juga untuk membangkitkan lagi potensi wisata budaya yang ada di Simanindo. Banyak lokasi bersejarah dari leluhur Malau Raja yang bisa kita kemas menjadi potensi pesona wisata budaya,” kata Drs ND Malau.
Ia berharap, setelah pesta ini nantinya akan muncul image di kalangan generasi Malau Raja kerinduan untuk mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah leluhur Malau Raja di Simanindo. Hal ini secara perlahan diharapkan menjadi ikon wisata budaya dan bisa dimanfaatkan oleh Pemkab Samosir untuk menjadi potensi wisata yang bisa menambah PAD. (M13/i)

Tidak ada komentar: