Sabtu, 30 Januari 2010

2010, Samosir jadi kabupaten pariwisata

THURSDAY, 07 JANUARY 2010 20:34

Ragam - Pariwisata
WASPADA ONLINE


(Blogspot.Com)
MEDAN - Dalam rangka usia ke 6 tahun, kabupaten Samosir mulai berbenah diri mewujudkan visinya untuk menjadi Kabupaten Pariwisata. Sebagaimana dalam Visit Indonesia Year 2009 yang mencantumkan agenda wisata nasional dan pencanangan kembali Sumut sebagai salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Indonesia, dan kabupaten Samosir menjagokan Tuktuk Siadong menjadi Daerah Tujuan Wisata (DTW).

“Kabupaten kita masih dalam tahap pembenahan untuk mewujudkan visi tersebut," kata Drs.M. Butarbutar, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Samosir kepada Waspada Online.

Tahun 2010, kabupaten ini berupaya menjadi Kabupaten Pariwisata, yaitu memfokuskan pembangunan kearah pariwisata tanpa mengabaikan bidang – bidang lain.

Ada 2 hal penting yang dikerjakan Pemerintah Samosir dalam mewujudkan visi tersebut pada tahun ini. "Pertama, HUT ke 6 Kabupaten Samosir yang tidak difokuskan pada satu tempat saja, tetapi tersebar di kecamatan yang ada di Samosir. Ini ditujukan agar masyarakat berpartisipasi langsung dalam acara HUT tersebut. Samosir tidak milik pemerintah saja tetapi masyarakat. Ini sangat baik dalam membangun rasa kepemilikan masyarakat. Kedua, awal tahun ini kabupaten Samosir juga berupaya menggenjot pengembangan sektor pariwisata sehingga dari sektor tersebut diharapkan bisa menjadi penyumbang terbesar pendapatan daerah. Selain itu berupaya mengembangkan bidang- bidang lain uang berkaitan, seperti berupaya memperbaiki pelabuhan-pelabuhan sehingga frekwensi menuju Samosir juga semakin meningkat," paparnya.

Untuk mewujudkan semua itu tidak menutup kemungkinan akan timbul permasalahan baru dilapangan seperti kesiapan masyarakat dalam menghadapi kabupaten pariwisata ini. "Meyakinkan masyarakat yang selama ini hidup secara agraris diperlukan waktu yang tidak sedikit. Pendekatan pun harus dilakukan secara bertahap seperti melaksanakan program sadar wisata, dalam bentuk seminar dan diskusi serta arahan hingga terwujud visi Kabupaten Pariwisata," pungkasnya.

Tidak ada komentar: