Minggu, 16 Mei 2010

DEBAT PASANGAN CALON BUPATI Samosir -

E-mail
User Rating: / 0
PoorBest
Written by Redaksi Web
Saturday, 15 May 2010 04:35

Untuk mendapatkan pemimpin yang berjiwa pelayan dan mengabdikan diri sepenuhnya untuk rakyat di Kabupaten Samosir bukan perkerjaan mudah, namun membutuhkan kerja keras bagi semua elemen masyarakat Samosir, tidak terkecuali bagi Formapas (Forum Mahasiswa Pemuda Asal Samosir) dan KNPI Samosir.


Kedua lembaga tersebut mengadakan Debat Calon Bupat-Calon Wakil Bupati Samsoir Periode 2010-2015 di Aula Paroki Panguguran, Jumat (14/5) dengan panelis DR Ir Parulian Simanjuntak MA (Bidang Ekonomi), Drs Samse Pandiangan MSc PhD (Bidang Pertanian) DR Sahat Siagian MPd (Bidang Pendidikan) dan Osriel Limbong, SPd sebagai moderator.


Namun debat (dialog publik) tersebut membuat masyarakat kecewa. Karena dari 7 pasangan calon hanya 2 yang hadir yakni pasangan Rimso Maruli Sinaga-Anser Naibaho (Naga Baho) dan Bachtiar Sitanggang (Tiar - Ias) tanpa didampingi calon wakilnya.


Ketua Panitia Saut Sagala SE mengutarakan kekecewaannya namun tetap berharap agar masyarakat bijak memilih siapa yang akan menjadi pemimpinnya dan berharap dengan debat yang dilakukan masyarkat akan mengetahui konsep apa yang terbaik dari pada kandidat untuk membangun Samosir.


Sementara itu dari undangan (masyarakat) Gimbet Situmorang mengungkapkan kekecewaannya karena ketidakhadiran 5 calon yang lain. Sedangkan memberi waktu untuk hadir dalam debat ini para calon sudah tidak bisa meluangkan waktu. Bagaimana masyarakat akan mempercayai para calon untuk memimpin untuk meluangkan waktu buat rakyat para calon tidak bisa.


"Kurang etis jika saya mengatakan bahwa hanya 2 calon yang hadir, mereka berdua saja yang dipilih oleh rakyat. Kedua pasangan ini saja yang berdamai," ujar Gimbet.


Sebelum acara debat dimulai, Moderator Osriel Limbong mengatakan bahwa pasangan Mangindar Simbolon-Mangadap Sinaga berhalangan hadir karena Mangindar mengikuti pertemuan para kepala daerah se-kawasan Danau Toba dengan Gubernur Sumatera Utara. Hal tersebut diperkuat dengan fax dari kegubernuran. Sementara 4 pasangan lain tidak hadir tanpa pemberitahuan sementara surat telah disampaikan.


Dalam sesi pertama setelah pemaparan visi misi kedua pasangan langsung diberi pertanyaan dan analisis oleh para panelis. Dilanjutkan dengan pertanyaan dari masyarakat ke calon bupati dan wakil bupati dan panelis tetap memberikan analisisnya.


Bahtiar Sitanggang menjelaskan visinya adalah agar terwujudnya masyarakat sejahtera, indah dan berbudaya. Bahtiar juga menjelaskan berbagai kegiatan yang telah dilakukannya untuk membantu masyarakat Samosir seperti pemasanagan pipa dan pompa air, hand tractor, pemberian bibit pohon serta pemberian beasiswa bagi pelajar asal Samosir dan telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi.


Bachtiar Sitanggang mengatakan bahwa jika dia terpilih dia akan membangun Samosir terutama dalam bidang pendidikan, pertanian dan pariwisata.


Sementara itu Pasangan Naga Baho dengan misi membangun sumber daya manusia, ekonomi kerakyatan, membangun infrastruktur yang berkualitas dan menjadi pemimpin yang jujur, bersih, dan takut akan Tuhan serta bebas dari korupsi.



TETTY NAIBAHO | GLOBAL | SAMOSIR

Tidak ada komentar: