Jumat, 07 Mei 2010

Banjir Bandang di Pulau Samosir, 1 Tewas 4 Hilang

Cetak Email
Samosir, (Analisa)

Banjir bandang terjadi di Desa Buntu Mauli dan Desa Sabulan kecamatan Sitiotio Kabupaten Pulau Samosir, Kamis (29/4) pukul 20.30 WIB mengakibatkan 1 orang tewas dan 4 orang lainnya hilang dan 7 rumah rusak parah di Desa Buntu Mauli serta 1 rumah di Desa Sabulan hanyut ke Danau Toba terbawa arus banjir bersama 6 orang penghuninya.

Sebelumnya, 1 orang korban tewas Marsaulina br Situmorang, ditemukan sekitar 300 meter dari rumahnya. sementara 4 orang yang dinyatakan hilang hingga berita ini dikirimkan malan tadi ke redaksi masih dalam pencarian masyarakat setempat, Linmas, pihak Koramil dan kepolisian setempat.

Sementara, korban yang dinyatakan hilang menurut keterangan keterangan keluarga Jaloma Situmorang (46) masing masing Lidia boru Tamba (48), Samuel Situmorang (9), Halastua Situmorang (13), Tiopan Situmorang aloas Pegang (5).

Sementara Halastua Situmorang ditemukan dalam keadaan kritis sekira 400 meter dari lokasi rumah dan saat ini dibawa ke Rumah Sakit Umum Hadrianus Pangururan untuk mendapatkan perawatan perawatan intensif.

Menurut Magda Sitinjak (50) mengaku bingung, gugup saat menghadapi musibah malam itu karena suara air bercampur bebatuan itu cukup kuat dan dibarengi goyangan seperti gempa apalagi listrik langsung padam. Malam itu juga warga masyarakat sudah banyak yang mengungsi menyeberang dengan menaiki kapal akibat guyuran hujan yang cukup deras.

Rumah yang rusak akibat terjagan banjir bandang di Desa Buntu Mauli masing masing milik A Wendi Sinaga, A Paska Sinaga, N Saur boru Sinaga, A Ester Sinaga, A Dame Sinaga dan A Jonson Sinaga.

Bantuan

Guna meringankan beban korban melalui kehumasan PT TPL yang dihadiri Sangkan Tampubolon, Betmen Ritonga, Patmen Malau, Simon Sidabukke dan Pahotton Lumbangaol, memberikan bantuan berupa satu bal selimut, beras 30 sak, minyak goreng 85 kg dan gula 70 kg, Mie Instan 30 kardus.

Liputan wartawan dalam pencarian korban terlihat Sekda Tigor Simbolon, ketua DPRD Samosir Tongam Sitinjak dan anggota DPRD Jonni Sihotang, Tuaman Sagala dan lainya serta sejumlah pimpinan SKPD Pemkab Pulau Samosir. (tps)

Tidak ada komentar: