Rabu, 24 Februari 2010

Bursa Balon Bupati Samosir Semakin Ramai, Kader PDI-Perjuangan Fransiskus Sitanggang SE Mendaftar ke PDI-Perjuangan

Posted in Berita Utama by Redaksi on Februari 15th, 2010
Samosir (SIB)
Mendekati Pemilukada Samosir 9 Juni mendatang, bursa bakal calon Bupati Samosir semakin ramai. Setelah dua orang mendaftar ke PDI-Perjuangan untuk direkomendasi sebagai calon Bupati dan calon wakil Bupati Samosir periode 2010-2015, Jumat (12/2), Fransiskus Sitanggang SE juga resmi diterima tim penjaringan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Samosir periode 2010-2015 di kantor DPC PDI-Perjuangan Jalan Sisingamangaraja Pangururan Samosir.
Mengenakan jaket bernuansa merah lengkap dengan atribut PDI-Perjuangan, Fransiskus Sitanggang yakin pasangan mereka akan direkomendasi oleh PDI-Perjuangan untuk diusung sebagai calon Bupati Samosir 2010-2015. Keyakinan itu didasari keberadaan Fransiskus selama ini di PDI-Perjuangan baik berkiprah di Sumatera Utara dan sekarang menjabat wakil ketua DPC PDI-Perjuangan Samosir.
Ditanya kenapa terkesan tiba-tiba berkeinginan maju sebagai bakal calon Bupati Samosir, Fransiskus Sitanggang yang cukup dikenal sejak menjadi Ketua Senat Mahasiswa Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara periode 1997-2001 itu tidak sependapat. Malah dia mengatakan sudah lama dan cukup matang mempersiapkan diri. Hanya saja tidak terbuka seperti pasangan lainnya.
Tanggapan itu jelas salah. Kami sudah lama mempersiapkan diri untuk ikut dalam Pemilukada Samosir sebagai salah satu pasangan calon. Keinginan kami bukan tiba-tiba, kami merasa sudah matang dan saatnya untuk dimunculkan agar rakyat Samosir mengetahuinya, jawab Fransiskus.
Ditanya siapa pasangannya akan maju dalam Pemilukada nanti, wakil ketua DPC PDI-Perjuangan itu mengatakan dirinya akan disandingkan dengan Drs Jabukka Situmorang. Dengan adanya persiapan selama ini yang cukup matang, disepakati Jabukka Situmoranglah yang maju sebagai calon Bupati dan dia calon wakil Bupati Samosir periode 2010-2015.
Kader PDI-P Terlahir Sebagai Pemenang
Fransiskus Sitanggang yakin, merekalah (bersama Drs.Jabukka Situmorang) yang akan direkomendasi PDI-Perjuangan sebagai calon Bupati Samosir walau sudah ada dua orang yang mendaftar ke partai itu lebih dahulu. Keyakinan itu tentu karena dirinya sebagai kader PDI-Perjuangan.
Setiap kader PDI-Perjuangan itu sudah dilahirkan untuk jadi pemenang. Jadi kami yakin rekomendasi itu tidak jauh dari kami. Kami sadar betul kenapa harus mendaftar ke PDI-Perjuangan karena partai ini sangat nasionalis dengan beberapa keunggulannya, terang Fransiskus yang cukup dikenal di kalangan pelajar/mahasiswa pasca reformasi dalam Gerakan’98 di Sumatera Utara.
Dia menjelaskan nasionalisme yang terkandung dalam tubuh PDI-Perjuangan itu merupakan jawaban atas keluhan rakyat selama ini. Hal itu disebabkan PDI-Perjuangan dibesarkan oleh darah dan keringat, mempunyai massa yang militan, percaya diri yang tinggi karena dukungan kader dan simpatisan dan pernah menjadi partai oposisi untuk mengkritisi pemerintahan.
Tidak Gentar Dengan Dua Incumbent yang Akan Maju
Dua nama yang sudah tidak asing ditelinga rakyat Samosir yang akan menjadi calon incumbent dalam Pemilukada Samosir nanti ternyata tidak menggentarkan pasangan Drs.Jabukka Situmorang dan Fransiskus Sitanggang. Terlebih, Ir.Mangindar Simbolon yang juga sudah mendaftar ke tim penjaringan PDI-Perjuangan.
“Seperti saya katakan tadi kader PDI-Perjuangan terlahir untuk menang dan siap bertanding. Lalu kenapa harus gentar kepada mereka. Malah, adanya incumbent yang mendaftar kemari menjadi satu pemicu untuk lebih semangat lagi bertanding,” tegas Fransiskus yang juga wakil ketua Pemuda Katolik Komda Sumatera Utara saat ini.
Ketegasan itu seolah mendapat angin segar dari ketua tim penjaringan DPC PDI-Perjuangan Drs.Ganda Tambunan. Menurutnya kedatangan Fransiskus mendaftar suatu hal yang patut dipuji.
Kami bangga saudara Fransiskus Sitanggang yang selama ini duduk sebagai wakil ketua DPC PDI-Perjuangan Samosir mengembalikan formulir pendaftaran. Dari enam orang yang mengambil formulir, sampai sekarang hanya tiga yang mengembalikan dengan mendaftar resmi yaitu atas nama Bachtiar Sitanggang, Mangindar Simbolon dan sekarang Fransiskus Sitanggang, papar Ganda disambut gembira pengurus DPC PDI-Perjuangan yang hadir seperti ketua DPC PDI-Perjuangan Jhony Naibaho dan pengurus lainnya seperti Pahala Tua Simbolon, Tunggul Habeahan, Muliono Sagala, Muda Sinaga dan Marro Nainggolan serta pengurus lainnya.
Jhony dengan singkat menjelaskan, tim penjaringanlah yang bertugas menerima pendaftran bakal calon Bupati dan wakil Bupati Samosir. Ketua dan Sekretaris DPC PDI-Perjuangan bersama dengan pengurus DPD PDI-Perjuangan Sumut akan melakukan verifikasi berkas dan mengantar nama yang mendaftar ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi.
Jadi siapapun yang akan direkomendasi oleh DPP PDI-Perjuangan sudah melalui tahapan dan mekanisme yang dibuat partai. Semuanya harus menerima dengan legowo, kata Jhony. (T12)

Tidak ada komentar: